Sabtu, 02 Februari 2013

Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Webmaster Tools

Mungkin diantara anda yang bertanya seperti bagaimana Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Webmaster tools?. Tahapemas yakin cara yang seperti ini sudah banyak dibahas diberbagai blog, namun untuk menjawab pertanyaan tadi, saya coba buatkan langkah-langkah submit peta situs atau sitemap ke dalam webmaster tools google.
Untuk pengguna wordpress self hosting dapat memasukkan alamat feed blog sebagai sitemap, seperti http://jarlok.com/feed. Alternatif lain dengan membuat file sitemap.xml terlebih dahulu dengan bantuan plugin seperti google sitemap generator, atau plugin Karailiev’s Sitemap untuk menggenerate file sitemap.xml. Setelah itu submit sitemap.xml ke google webmaster tools.
Bagi pecandu atau pengguna blogspot ikuti langkah berikut ini untuk men-submit sitemap ke google webmaster tools:
  1. Login ke www.google.com/webmasters/tools dengan email Anda.
  2. Jika anda sudah menambahkan blog ke webmaster tools klik nama blog anda.
  3. Di menu sebelah kiri pilih “Site configuration” -> “Sitemaps“.
    Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Webmaster
  4. Masukkan sitemap dengan format:  feeds/posts/default?max-results=9999&amp lalu klik tombol “Submit Sitemap“.
  5. Untuk menambahkan sitemap lagi klik “Submit a Sitemap”, lalu masukkan sitemap berikut:
    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 kemudian klik “Submit Sitemap“.
  6. Lihat status sitemap kalau berhasil ada tanda centang.
    Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Webmaster
  7. Selesai tinggal menunggu url diindex oleh google.
Fungsi sitemap sendiri memang penting sekali untuk memberitahukan google agar mengindex artikel blog dengan lebih cepat. Sehingga diharapkan blog akan lebih seo friendly dimata google agar mendapatkan index yang bagus dan pada akhirnya masuk ke SERP google lebih baik lagi.

Demikian artikel Tahapemas memberikan artikel tentang  Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Webmaster tools, semoga kita diberi kesehatan selalu.

12 komentar:

  1. thanks infonya gan..
    saya baru bikin blog. dan baru tambah sitemap sitemap nya berstatus "pending", udh 3 hari pending terus. itu kenapa ya ? thanks sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar gan... kye mbah google lagi blusukan. koreksi konektifitas blog by website , betul? sabar...

      Hapus
  2. Site map punya ane kok ikit y gan yang terkirim? padahal yang ane pake sama dengan punya agan, tapi kok beda jauh? punya agan nyampe 364 gitu yang terkirim.

    BalasHapus
  3. mantapppppp gaN,,,,,infonya :)
    tararengkyu yach gaN :)

    tapi jujur ane masih bingung buat nyetel pengaturan yang lainnya gaN :(
    jika berkenan, mohon kunjungan dan monitornya gaN di web ane yg ini gaN
    http://www.kangwawanonline.com

    ditunggu dengan hormat nih gaN monitor & masukan/panduannya :)

    BalasHapus
  4. makasih... sudah saya praktekkan barusan, hari ini saya pertama kali bikin blog di wordpress. Kunjungi balik blog saya dong Gan.... oh ya itu alexa agan kok ramping amat ya.... blog saya malah belum ada links in nya. belum bisa bikin he he...

    BalasHapus
  5. Sangat penting sekali artikel ini untuk saya. terima kasih ilmunya.

    BalasHapus
  6. untuk bisa kirim sitemap ke webmaster kita harus mempunyai berapa banyak dulu artikel gan?

    BalasHapus
  7. mantap...
    ardapratama1.blogspot.com

    BalasHapus
  8. thanks ilmunya .sangat bermanfaat
    kunjungi juga
    http://www.parapencari-uang.tk/

    BalasHapus
  9. kenapa saya baru submit langsung bisa terindex semua yah,,?
    itu bener apa gk sih,,,jadi ragu..

    BalasHapus