Rabu, 23 Januari 2013

Cara Proses Pengambilan Perak dari Larutan Nitrat

Cara Proses Pengambilan Perak dari Larutan NitratKali ini kita membahas Cara Proses Pengambilan perak  Perak | cara mengambil perak dari larutan nitrat, Pada saat anda melakukan proses cukim, perak dan tembaga akan terlarut dalam larutan asam nitrat dan meninggalkan endapan emas. Jangan buang larutan nitrat tadi karena terdapat perak yang dapat anda gunakan lagi untuk proses pemurnian berikutnya.

Perak terlarut menjadi perak nitrat (AgNO3) dan dapat di endapkan dengan menggunakan garam dapur atau HCl menjadi perak klorida (AgCl) untuk kemudian di jadikan perak logam dengan proses pertukaran ion:

1. Larutan di tambahkan garam dapur atau HCl secukupnya dan anda akan melihat pembetukan awan putih dalam larutan yang merupakan bentuk dari perak klorida. Biarkan sampai mengendap seluruhnya selama kurang lebih 24jam.

2. Saring endapan dan cuci dengan air bersih. Masukkan endapan ke dalam wadah untuk kita ubah menjadi perak logam.

3. endapan tadi di tambahkan larutan H2SO4 encer (10%) lalu di aduk dengan batang besi atau aluminium. Aduk sebentar lalu diamkan sampai semua endapan berubah warna menjadi coklat kehitaman.

4. setelah berubah warna artinya perak anda sudah bisa di bakar untuk kembali di gunakan untuk memudakan kadar emas yang akan di murnikan.

Sisa larutan nitrat biasanya mengandung tembaga dan tidak baik untuk lingkungan. Masukkan rongsokan besi ke dalam larutan tersebut untuk mengendapkan tembaga lalu encerkan larutan sebelum di buang.

Demikian Artikel tentang Cara Proses Pengambilan Perak dari Larutan Nitrat, semoga bermanfaat.

thnks for anugrahemas

6 komentar:

  1. Terimakasih. Ilmu yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Tapi gmna caranya peraknya berwarna yg d sebutkn d atas

    BalasHapus
  3. Mungkin ada pelatihannya kang?

    BalasHapus
  4. TRIMS.. SKALI.. BUAT AQ MROSES EMAS JUGA PERAK DI DAERAH AQ BANYAK BATUAN YG MENGANDUNG PERAK..BAHKAN KANDUNGAN RAW/ORE MATERIAL NYA 60-85 PPM

    BalasHapus