Rabu, 23 Januari 2013

Cara Pengolahan Emas dengan Sistem Sianidasi

Artikel kali ini Membahas tentang Cara Pengolahan Emas dengan Sistem Sianidasi, proses ini cukup lumayan rumit. Pada dasarnya proses pengolahan batuan/lumpur emas dengan proses sianidasi terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

1. Pelarutan logam

Proses awal adalah
melarutkan logam-logam seperti emas, perak dan tembaga yang terkandung dalam lumpur atau batuan. Pelarutan di lakukan dengan menambahkan sianida ke dalam larutan lumpur pada PH 10.

Reaksi pada saat pelarutan:

4 Au + 8 NaCN + O2 + 2 H2O → 4 Na[Au(CN)2] + 4 NaOH

Beberapa parameter yang perlu di perhatikan dalam proses ini adalah:

- PH, PH larutan harus di jaga antara PH 10.5-PH 11 agar proses pelarutan berjalan optimal. Penambahan sianida pun harus ketika PH larutan sudah di naikkan ke PH 10- PH 10.5 untuk menjaga agar sianida tidak menguap. Sianida menguap pada suhu 26 derajat celcius pada PH di bawah PH 10. Untuk menaikkan PH dapat di gunakan lime (kapur tohor) atau HaOH (soda api/caustic soda).

- Oksigen terlarut. Oksigen di perlukan pada saat proses pelarutan emas oleh sianida oleh karena itu perlu di perhatikan kandungannya dalam larutan. Oksigen dapat di tambahkan ke dalam larutan dengan menyemburkan oksigen murni/udara atau dengan penambahan Hidrogen Peroksida (H2O2) ke dalam larutan.

- Waktu, proses pelarutan dapat memakan waktu antara 12-48 jam.

- Jenis batuan, hati-hati jika bahan baku yang anda olah merupakan batuan sulfida karena akan mempengaruhi proses sianidasi akibat pengaruh kandungan besi dan sulfur dalam batuan.

2. Pengambilan logam

Proses pengambilan logam dapat di lakukan dengan karbon aktif baik dengan sistem karbon dalam lumpur maupun karbon dalam larutan kaya. Jika tidak menggunakan karbon bisa dengan resin ataupun cukup dengan memisahkan lumpur dan larutannya untuk di ekstraksi.

3. Ektraksi logam

- untuk proses ekstraksi dari karbon aktif dapat dilakukan dengan beberapa cara:

    pembakaran langsung, karbon aktif di bakar langsung sampai logam yang ada dalam karbon melebur. proses ini kurang ekonomis karena akan memakan biaya yang tidak murah, akan tetapi proses ini adalah proses tercepat dan termudah untuk di lakukan. Lakukan proses ini hanya jika anda yakin bahwa hasil yang anda peroleh dapat menutupi biaya produksi.

    Elusi karbon, logam di dalam karbon di luruhkan terlebih dahulu ke dalam larutan panas untuk kemudian di ekstraksi dengan zinc ataupun elektrowinning.

- jika tidak menggunakan karbon, setelah memisahkan larutan dari lumpur dan kemudian di endapkan dan di ambil air larutan bersihnya, ekstraksi dapat di lakukan dengan pengendapan menggunakan zinc. Pastikan zinc yang anda gunakan adalah zinc murni agar proses pertukaran ion berlangsung cepat.

5 komentar: